RSS2.0

Noctua NH-D14, Pendingin Ekstrim buat Overclocker

Senin, 21 Maret 2011


Noctua, mungkin masih jarang terdengar di Indonesia. Kebanyakan orang lebih mengenal produk dengan merek Thermaltake, Cooler Master, Xigmatek, atau merek lain dari produk-produk aksesoris komputer bikinan perusahaan Taiwan atau Cina.
Noctua merupakan merek dagang produk pendingin dari sebuah perusahaan di Austria, yang sebenarnya telah lama berkecimpung dalam dunia komputer khususnya memproduksi aksesoris untuk overclocking.
Kali ini Noctua mencoba menawarkan perangkat pendingin processor yang cukup menarik, dari sisi performa bisa dikatakan cukup lumayan ekstrim dibandingkan dengan produk – produk lain yang sejenis.
Noctua NH-D14, mungkin dari sisi penamaan produk ini agak susah di ingat karena tidak memakai nama lain yang lebih mudah diingat seperti contohnya :Thermaltake Frio, Xigmatek Apache, Thermalright Baram, dan lain sebagainya.
Noctua NH-D14 merupakan pendingin processor yang menggunakan udara (putaran kipas) pada heatsink yang terpasang pada processor. Karena hanya menggunakan putaran kipas maka sistem pendinginannya tidak terlalu beresiko dibanding pendingin processor menggunakan air atau es kering.
Desain produk Noctua NH-D14 ini mirip seperti 2 buah tower yang dipisahkan oleh sebuah fan (kipas) besar ditengah-tengahnya dan sebuah fan (kipas) lagi di bagian depan.
Bahan dasar pembuat heatsink dan heatpipe produk ini adalah alumunium dan tembaga. Dua buahtower heatsink Noctua NH-D14 dihubungkan oleh 12 heatpipe dengan jumlah 6 heatpipe pada satu sisi dan 6 heatpipe pada sisi yang lainnya.
Ukuran dari pendingin processor ini bisa dikatakan cukup besar, mungkin inilah salah satu sebab yang menjadikan  kinerja dari Noctua NH-D14 sangat efektif.
Dua buah fan (kipas) pada produk Noctua NH-D14 ini mempunyai ukuran yang berbeda, seri NF-P12 mempunyai ukuran 120mm sedangkan satu fan lainnya adalah seri NF-P14 dengan ukuran 140mm.
 Walaupun berukuran cukup besar, 2 buah fan (kipas) ini hanya membutuhkan daya yang sedikit dan menghasilkan putaran kipas yang sangat efektif mendinginkan heatsink pada 2 buah tower (teknologi kisi-kisi (blade) berjumlah 9 buah yang didesain secara khusus).
Input daya yang dibutuhkan untuk memutar fan (kipas) tersebut hanya sekitar 1 watt, sedangkan putaran fan (kipas) yang dihasilkan hanya sekitar 1200 rpm - 1300 rpm saja, sehingga dari sisi kebisingan dapat dikatakan sangat silent.
Ketika anda membeli produk Noctua NH-D14 ini, akan disertakan beberapa mounting bracket untuk bermacam-macam socket processor, diantaranya socket Intel LGA 775, LGA 1156, LGA 1366, dan AMD Socket AM2, AM2+, dan AM3 dengan backplate khusus.
 Yang cukup unik dari desain Noctua NH-D14 ini salah satu diantaranya adalah asymmetrical design, atau desain bentuk yang tidak simetris. Fungsi dari bentuk yang tidak simetris ini adalah agar tingkat kompatibilitasnya makin tinggi ketika dipasang pada berbagai macam sistem komputer yang kadangkala mempunyai bentuk dan ukuran yang tidak sama.
Bentuk yang tidak simetris ini ternyata juga memberikan ruangan yang cukup lega pada penempatan slot memori , dan ternyata juga memberikan aliran udara (air flow) yang sangat bagus pada komponen – komponen yang terpasang di mainboard.
Untuk membuktikan performa pendingin processor ini, maka perlu dilakukan tes pengujian pada spesifikasi komputer Intel dan AMD.

Nilai lebih :

-Noctua NH – D14 mempunyai performa seperti yang diharapkan, cukup dingin, dan tidak bising untuk ukuran pendingin processor yang demikian besar. Dengan menggunakan pasta pendingin yang lebih baik, kemungkinan besar suhu yang dihasilkan lebih baik (lebih rendah).
-Dukungan pada paket penjualan sangat komplit, mulai dari obeng, pasta, bracket, dan lain sebagainya.
-Harga cukup murah untuk pendingin yang komplit kelengkapannya ( kurang lebih 85 USD).

Kelemahan :

-Bentuk yang sangat besar, membutuhkan model casing yang cukup besar pula.
Selamat Mencoba.
Di ambil dari quadrazone. Dengan sedikit perubahan.

0 Komentar:

Posting Komentar