RSS2.0

QR Code

Jumat, 12 November 2010



Pernah lihat code yang seperti diatas?
Code apa sih itu? Penasaran?
Itu adalah QR Code.
QR code adalah sebuah kode matriks atau barcode 2 dimensi yang diciptakan perusahaan Jepang, Denso-Wave tahun 1994. Kata QR, kependekan dari quick response, sesuai tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dan mendapatkan respons dengan cepat.
Kode ini amat populer di Jepang. Banyak perusahaan menggunakannya untuk aktivitas pemasaran dan promosi. Hampir semua jenis ponsel di Jepang dan Korea bisa membaca QR code.
Kode ini mulai digunakan di berbagai media Eropa. Di Indonesia, kode ini belum begitu dikenal.
QR code bertindak seolah-olah hyperlink fisik yang dapat menyimpan alamat web (URL), nomor telepon, teks, dan SMS.Untuk dapat memanfaatkan teknologi QR code, ponsel wajib memiliki akses internet. Dengan bantuan ID (nomor digit), QR code tidak hanya dapat dibaca lewat ponsel berkamera, tetapi juga dengan ponsel tanpa kamera.
Pada ponsel berkamera, QR code bisa dibaca melalui aplikasi jenis QRcodereader. Khusus ponsel keluaran Nokia seri N & E, aplikasi reader ini sudah tersedia (pre-installed) dan langsung bisa digunakan.Untuk ponsel lainnya, aplikasi reader wajib diinstalasi. Di internet tersedia berbagai aplikasi reader yang bisa didownload gratis di sini
pengen coba buat QR Code?
Buat disini

0 Komentar:

Posting Komentar